Mulutmu adalah harimaumu ternyata benar.

Ga semua ucapan yang kita lontarkan ke orang ditangkap persis seperti yang kita harapkan. Bisa itu ditangkap dengan positif (alhamdulillah), dan bisa juga kebalikannya, negatif. Tapiiii, kebanyakan negatif ni yang ditangkep lawan bicara kita. Ga tau kenapa, tapi kebanyakan apa yang kita niatin untuk biasa aja, atau malah untuk kebaikan, diartikan negatif sama si lawan bicara.

Mending kalo kita ngomongnya face to face, secara live. Lah kalo ngomongnya lewat sms, chat, atau telpon, kemungkinan si lawan bicara ga paham maksud kita. Salah-salah malah penjelasan kita jadi bom kedua buat kita a.k.a disalahin (lagi). Karena media-media komunikasi kaya gitu tuh kan bikin kita ga bisa ngasih tau gimana ekspresi, naik turunnya kata-kata maut. Mungkin telpon better than sms or chat, tapi tetep aja ga nendang.

Kalo si lawan bicara udah keburu kesel, bisa aja telpon kita dimatiin. Kita telpon lagi di-reject. Kita telpon lagi udah 'number not in use' (di non aktifkan). Nah lo, terus nasib kita gimanaaaaaaaaaaa???

Beda halnya kalo kita ngomong secara live. Mungkin kadang diartikan negatif juga, tapi sejauh ini menurut pengalaman, kalo dijelasin secara live, tatap muka, si lawan bicara bisa lebih ngerti, biarpun awal-awalnya bakal ada debat sana-sini. Kalopun si lawan bicara udah bener-bener murka, ga bisa dijelasin pake kata-kata, udah ga mau dengerin penjelasan kita, yah, jelek-jeleknya paling kita ditendang. Hihihi

Makanya, lain kali kalo mau ngomong dipikirin dl ah, jangan asal aja. Mendzalimi orang itu dosa. Didzalimi itu bikin nyesek. Heu.

Dedicate to: myself


Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.